Sekarang gue udah kelas 2 SMA, tanpa terasa 1 tahun
sudah berlalu. Dan gue kepikiran tentang pendidikan gue yg akan datang, yap..
gue bingung milih jurusan kuliah. Kata orang kelas 2 SMA itu waktunya nyantai,
waktu paling pas buat nakal di masa SMA. But, that’s all not true. Kita boleh
nakal, tp kita juga harus inget kita kedepan nya mau kayak gimana, kayak apa,
dan menjadi siapa. Nah, jujur gue lagi mengalami masa seperti itu. Gue bingung
mau kuliah dimana dan jurusan apa.
Barusan, beberapa menit yg lalu sebelum gue menulis
tulisan ini. Nyokap gue telfon, dia ngomongin tentang tugas ospek nya kakak
gue. Oiya kakak gue ini lagi ospek di salah satu universitas di Bali. Kata
nyokap gue, tugas nya banyak banget, kasihan kakak gue disuruh inilah itulah
blablabla~
Dan waktu itu gue jadi kepikiran, kenapa gak kuliah di
Luar Negeri aja ya? Soalnya gue inget kakak kelas gue ada yang pengen kuliah di
luar negeri, gue mikir, “dia aja bisa punya mimpi seperti itu kok gue enggak?”.
Bicara tentang pendidikan, gue emang gak suka sama system pembelajaran di
Indonesia. Apalagi sekarang udah ada system baru, kurikulum 2013, yang dimana
muridnya kerja kelompok nyari materi sendiri, presentasi sendiri, guru udah
kayak patung aja mengamati muridnya. Masih mending kalo cuman 1 pelajaran aja
yang gitu, lah ini banyak banget, tugas aja belom selesai gimana mau ngerjain
PR? Ulangan? Fuck that!
Kenapa murid-murid harus bisa menguasai seluruh
pelajaran? Sedangkan guru hanya bisa menguasai satu mata pelajaran? Kenapa kalo
murid yang kelemahannya menghafal disuruh menghafal? Coba gue jelasin lebih
detailnya, Hobby lo main gitar, dan nilai pelajaran matematika lo jeblok/ancur.
Yang mana lo bakal pilih? Les Gitar, atau Les Matematika? Well, pasti elo bakal
milih gitar, soalnya minat lo di gitar. Kalo emang lo minat nya di gitar, ASAH
terus bakat lo! Don’t waste your time for what u don’t love it! If you love it,
just do it! Makanya buat para guru-guru di Indonesia, Menghafal bukannya
membuat murid-murid mengerti, mereka hanya menghafal kata-kata dari buku dan
tidak tahu apa maksudnya! Ibarat nya dia mempresentasikan materi di depan kelas
kayak Buku berjalan! They just say it like those word in the book, but they
don’t understand!
Gini deh, coba lo buktikan sendiri. Misalnya nih ya,
misalnya, lo fans beratnya NOAH
(ehm..
sebernernya gue sih) , elo disuruh ngejelasin asal mulanya
terbentuk band NOAH? Bisa gak? BISA! Perlu ngafalin gak? ENGGAK! Karna lo
minat! Makanya bikin dong murid-muridnya minat daripada disuruh ngafalin yang
gak jelas! Emang menghafal itu penting sebenarnya, tapi iya kalo kita ngerti
tentang materinya, kalo menghafal tp ga ngerti materi gimana? Yaudah capek,
menghabiskan waktu, dan mematikan kreativitas. Gue pernah denger dari
orang-orang, tentang film pendidikan gitu, katanya di film itu ada murid yang
pinter Bahasa Inggris. Nah pinternya itu bukan pinter karna dia ngerti, pinter
karna menghafal! Suatu saat dia udah dianggap pinter kan, terus dia dimasukkan
lomba pidato bahasa inggris, dia harus menghafal naskah nya, Dia ini kan punya
sahabat 3 sahabat kayaknya, terus sahabat nya ini punya rencana yang cerdas
tapi sedikit nyakitin sih.. Jadi mereka ganti naskah pidatonya yang asli dengan
naskah bahasa inggris yang mereka buat! Nah udah deh, singkat cerita anak yang
pinter menghafal itu ngapalin naskah pidato yang salah yang dibuat oleh 3
sahabatnya itu. Nyesek sih, tapi percuma juga kan kalo kita capek-capek
menghafal tapi kita gak masuk ke otak. Oiya, ada yang tau film apa ini? Kalo
tau komen yak~ haha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar